Galungan di Sanding


Hari raya galungan merupakan momentum yang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Galungan dirayakan setiap hari rabu Wuku Dunggulan. Banyak rerahinan (hari raya) menjelang hari raya galungan, mulai dari sugian jawa, sugian bali, penyekeban, penapian, penyajan, penampahan, dan galungan. Setelah hari raya galungan ada juga hari Manis Galungan yaitu hari setelah hari raya Galungan. Perayaan Galungan di Sanding khusunya di Banjar  Sanding Bitra tentu berbeda dengan banjar atau desa-desa lainnya. Persiapan hari raya Galungan  sudah dilakukan jauh hari sebelumnya, mulai dari mencari bambu untuk penjor dan mencari bahan-bahan untuk hari raya penampahan galungan.

Pembuatan penjor di Banjar Sanding Bitra dilakukan oleh soang-soang (masing-masing) rumah sebagai wujud syukur atas kemakmuran yang diberikan-Nya. Penjor sudah dibuat dari hari raya Penapian Galungan sampai dengan hari Penampahan Galungan. Penjor di pasang pada Penampahan Galungan di depan rumah masing-masing. Berikut ini adalah susana Galungan di Banjar Sanding Bitra tanggal 14 Oktober 2009.

Rama Sita Ngaturang Ngayah

Dekat-dekat ini merupakan hari yang penuh dengan hari raya, dari hari rasa saraswati, tumpel landep, tumpek unduh yang baru saja dirayakan pada sabtu kemarin. Sekarang akan datang rerahinan jagat pernama ke empat, hari tersebut merupakan hari, dimana setiap pura akan mekalukan upacara yadnya. Begitu juga di Desa Sanding tepatnya di pura penataran akan melaksanakan Upacara Dewa Yadnya. Segala persiapan telah dilaksanakan mulai dari ngayah, ngaturan urunan (iuran) dan lain sebagainya. Sebagai pengemong (yang betugas) mengaturkan upakara dan melaksanakan upacara adalah banjar Sanding Bitra. Persiapan upacara tidak hanya melibatkan krama banjar saja tetapi sekeha Truna Truni Rama Sita. Kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari ngaturan ngayah berupa: memasang abah-abah (kain), membuat penjor, Ngambuin (menghias areal pura dengan daun enau), mebat (membuat sarana upakara) dan lain sebgainya. Piodalan itu akan dilaksanakan pada purnama kapat tanggal 3 Oktober 2009.

Iklan